Total Tayangan Halaman

Word Scramble

Translate

Kamis, 17 April 2014

Basis Data Sederhana

Basis Data Sederhana


  •      Pengertian basis data Basis data (bahasa Inggris: database), adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
  •      Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya dan menggunakan prinsip pengaturan, pemisahan atau pengorganisasian. Basis data menggunakan media penyimpan elektronis seperti disk (hard disc, CD, atau tape). Adapun tujuan utama dalam basis data adalah membantu pengguna dalam abstraksi suatu sistem. Adapun para pakar mendefinisikan basis data sebagai berikut : Kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada untuk digunakan dalam satu lingkup perusahaan, instansi (Kristanto, 1994). Kumpulan file data yang terorganisasi, terintegrasi, dan bisa dipakai bersama (C.J Date, 1981)
  •     Kumpulan rekaman data berbagai tipe yang memiliki relasi satu sama lain (Martin, 1977) Sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data. (Kenneth C. Laudon. Jane P. Louden, 2010. Kumpulan dari data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya tersimpan dalam perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk bantuan dalam mengoperasikannya ( ICT Database/Data Resources Management, Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, 2010).
  •     Sistem basis data Sistem Basis Data adalah system terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara informasidan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan (C.J_Date, 1981). Sedangkan menurut  Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis( 2010).Sistem Basis Data (Database system) adalah suatu informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu instansi.
  •     Sifat basis dataBasis data memiliki sifat-sifat sebagai berikut :1. Bersifat data oriented dan bukan program oriented.2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.3. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.4. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
  •     Tujuan basis data Basis data dibangun untuk memenuhi tujuan dalam pengorganisasian data, yang antara lain sebagai berikut :1. Efisiensi meliputi kecepatan (speed), ruang simpan (space) dan keakuratan (accuracy).2. Menangani data dalam jumlah besar.3. Kebersamaan pemakaian (Shareability).4. Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data.
  •     Macam-macam basis data Ada beberapa DBMS yang cukup familiar dikalangan penggunanya, yaitu Microsoft Access, MySQL, Microsoft SQL Server, PosgreSQL, dan Oracle. Adapun penjelasan dari masing-masing DBMS tersebut adalah sebagai berikut.1. MySQL MySQL adalah SQL-DBMS yang bersifat multi-user dan multi-threaded. MySQL berjalan sebagai server yang melayani banyak pengguna untuk mengakses sejumlah basis data.Macam Mysql: - LAMP (Linux- Apache-MySQL-PHP/Perl/Python). - MAMP (Mac-Apache- MySQL-PHP/Perl/Python. - WAMP (Windows-Apache-MySQL-PHP/Perl/Python.
  •      Mcrosoft SQL server Microsoft SQL Server adalah DBMS relational keluaran dari Microsoft seperti halnya Microsoft Access. Bahasa query utama yang digunakan adalah varian dari ANSI SQL yang disebut sebagai T-SQL (Transact-SQL).3. PostgreSQL PostgreSQL atau sering disebut Postgres termasuk dalam kategori Object-Relational Database Management System (ORDBMS). ORDBMS adalah DBMS yang selain menggunakan prinsip-prinsip basis data relational juga menggunakan pendekatan berorientasi obyek dalam model basis datanya.4. Oracle Databases Oracle menyimpan data secara logika dalam bentuk tablespaces dan secara fisik dalam bentuk file-file data. Tablespaces dapat berisi berbagai macam bagian memori, misalnya bagian data, bagian index dan lain sebagainya.
  •      Komponen dan karakteristik basis data Karakteristik utama basis data adalah :Merepresentasikan aspek dari dunia nyataTerstruktur dengan baik,Dapat merepresentasikan kondisi saat ini (current state)Ada penggunanya dan ada aplikasi,Disimpan dalam memori komputer secara permanen, danDapat diakses dan dimanipulasi menggunakan DBMSKomponen Basis Data yang umum digunakan antara lain sebagai berikut :  Perangkat Keras / Hardware Sistem Operasi Database (Data File) Database Management System / DBMS User Aplikasi lain 
  •      Manfaat basis dataSebagai komponen utama atau penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya. Mengatasi kerangkapan data (redundancy data) Menghindari terjadinya inkonsistensi data Mengatasi kesulitan dalam mengakses data
  •      Menyusun format yang standar dari sebuah data. Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap masing-masing data. Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.
  •     Sumber-sumber :
    http//ns.akakom.ac.id/~guntara/aplikasi1.dochttp://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2068242-manfaat-database/
    http://id.wikipedia.org
    http://syopian.net/blog/?p=1767
     http://warih.blog.ittelkom.ac.id/blog/files/2010/02/ch01-Pengantar-Basis-Data.pdf 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar