Total Tayangan Halaman

Word Scramble

Translate

Selasa, 19 Agustus 2014

Contoh Laporan PKL Teknik Informatika

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Praktek Kerja Nyata

Kemajuan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia yang semakin pesat, dan persainganusaha yang semakin ketat dan tangatangan globalisasi di masa yang akan datang, kitaharus mempersiapkan bekal untuk menghadapinya, bagi para pemikir yang kritis dankondusif, ini akan dijadikan sebuah persaingan sekaligus tantangan untuk menjadikandirinya menjadi yang terbaik. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman maka kitaakan selalu siap menghadapi perkembangan zaman ini.
Kemajuan teknologi di Indonesia tidak hanya berguna dikalangan orang-orang TIsaja, namun di dunia industri juga pendidikan dan perusahaan sekarang telahberpengaruh besar terhadap kemajuan TI. D Indonesia, dampak yang dapat dilihat dariperkembengan TI yang digunakan di dunia pendidikan adalah sekarang sebagian besarsekolah di Indonesia minimal Sekolah Dasar (SD) telah diajarkan bagaimana caramengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
Sebab itu sebagai seorang TI kita juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan pihak-pihak lain. Salah satu cara untuk mmempersiapkan diiri yaitu dengan mempraktekan ilmu yang kita dapat di bangku kuliah di dunia nyata nyata yaitu pada dunia usaha, industri, perusahaan dan lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta, melalui program PKN.



B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah, yaitu sebagai berikut :
  • Topologi Jaringan Local Area Network (LAN) apa yang digunakan SMP Negeri 3 Slahung.
  • Apa manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.Slahung.

C. Batasan Masalah
Penggunaan Topologi Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran
Teknologi Informasi Dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec. Slahung Kab. Ponorogo
Tahun 2013.

D. Tujuan Praktek Kerja Nyata
Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan di SMP Negeri 3 Slahung ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui Topologi Jaringan Local Area Network \
(LAN) yang digunakan SMP Negeri 3 Slahung.
- Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.Slahung.

E. Manfaat Praktek Kerja Nyata
1. Bagi Penulis
- Melatih disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
- Mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja pada suatu instansi untuk
menambah pengetahuan, pengalaman dan mengetahui jaringan
Komputer Local Area Network (LAN) SMP Negeri 3 Slahung.
- Untuk mengetahui manfaat 
Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
Teknik Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
- Menerapkan teori yang diberikan di perkuliahan dengan melaksanakan
praktik langsung ke lapangan.
2. Bagi SMP Negeri 3 Slahung
- Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengembangkan
Jaringan Komputer di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
- Dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatasi masalah jaringan
komputer SMP Negeri 3 Kec. Slahung
  • Dapat digunakan untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam
Pembelajaran TIK di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
F. Metodologi 
Metodologi merupakan Metode pengumpulan data atau suatu cara mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Kerja Praktek Lapngan ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung objek dan permasalahan yang terjadi pada organisasi tempat kerja praktek, terutama yang berhubungan tentang dunia informasi.
2. Metode Interview
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan Kepala Sekolah, Ka Lab Komputer, Guru Komputer dan Staf-Staf Sekolah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan bagian pengolahan data.
3. Metode Dokumentasi
Pengumpulan data dengan cara mengutip dan menyalin data dari buku dan sumber lainnya. Data yang didapat penulis untuk menyusun sebuah laporan praktek kerja lapangan adalah didapat dalam artikel soft copy dan hard copy baik dari tata usaha maupun dari media lain. 

4. Studi Pustaka
Membaca dan mempelajari literatur buku-buku pedoman atau buku yang berkaitan dengan penelitian serta browsing ke situs-situs di internet.




















BAB II

GAMBARAN UMUM TEMPAT PKN

  1. Sejarah SMPN 3 Kec. Slahung
SMP Negeri 3 Slahung berdiri pada tahun 1997, berjarak kurang lebih 18 KM dari pusat Kota Ponorogo. SMPN 3 Kec. Slahung terletak Jalan Beji Agung Dukuh Tlogo Desa Duri Kecamatan Slahung Ponorogo.

  1. Visi, Misi SMPN 3 Kec. Slahung
  1.  Visi
Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Dinas Pekerjaan UmumKabupaten Ponorogo harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatifserta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan citadan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilailuhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholders. Pernyataan Visi SMPN 3 Kec. SlahungKabupaten Ponorogo adalah : “ Berprestasi, Terampil, Berbudi Pekerti Luhur, Berdasarkan Imtaq Secara filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung didalamnya, yaitu :
  1. Terwujudnya pengembangan KTSP yang Adaptif dan Proaktif.
  2. Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  3. Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetetif.

  1. Terwujudnya SDM yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi.
  2. Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang relevan.
  3. Terwujudnya kelembagaan dan manajemen sekolah yang tangguh.
  4. Terwujudnya penggalangan dana pendidikan yang memadai.
  5. Terwujudnya Imtaq.

  1. Misi
Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, Langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya. Adapun misi SMPN 3 Kec. Slahung adalah sebagai berikut :
  1. Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
  2. Mewujudkan sistem penilaian yang otentik.
  3. Mewujudkan penyelenggaraan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
  4. Mewujudkan pengembangan kurikulum muatan lokal dan life skill.
  5. Mewujudkan pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi.
  6. Mewujudkan pengembangan profesionalisme guru.
  7. Mewujudkan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan.
  8. Mewujudkan fasilitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan.
  9. Mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif.
  10. Mewujudkan sekolah yang sehat.
  11. Mewujudkan pengembangan implementasi MBS.
  12. Mewujudkan pengembangan partisipasi stake holder.
  13. Mewujudkan pengembangan penggalangan dana dari berbagai sumber.
  14. Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar, dan adil.
  15. Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
  16. Mewujudkan nilai-nilai agama untuk kenyamanan hidup bagi peserta didik.
  17. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah.

C. Profil Sekolah SMP Negeri 3 Slahung
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung
2. No. Statistik Sekolah : 201051110006
3. Alamat Sekolah : Jl. Beji Agung – Desa Duri – Kec. Slahung – Kab. Ponorogo
Propinsi Jawa Timur
4. Telepon/HP/Fax : ( 0352 ) 7103233
5. Nama Kepala Sekolah : Drs Imam Mujahid, MA
6. Status Sekolah : Negeri
7. Tahun didirikan/Tahun Beroperasi : 1997
8. Kepemilikan tanah / Bangunan : Pemerintah
9. Luas Lahan : 9550 m2
10. Data Siswa 5 (lima tahun terakhir):
Th. Pelajaran
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
(Kls. VII + VIII + IX)
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Siswa
Rombel
2008/2009
38
36
2
35
2
46
2
117
6
2009/2010
60
57
3
34
2
32
2
123
7
2010/2011
46
46
2
54
3
31
2
131
7
2011/2012
24
24
1
43
2
51
3
118
6
2012/2013
63
63
3
24
1
42
2
109
6


11. a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Nama Ruang
Jumlah dan ukuran
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk Ruang Kelas
(e)
Jumlah ruang yg digunakan untuk Ruang Kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x9 m2
(a)
Ukuran
> 63m2
(b)
Ukuran
< 63 m2
(c)
Jumlah (d) =(a+b+c)
R.Kelas
9
-
-
9
    0
9
b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi*)
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
7 x 12
Rusak Ringan
6. Lab. Bahasa
-
-
-
2. Lab. IPA
1
7 x 15
Rusak Berat
7. Lab. Komp.
-
-
-
3. Ketrampilan
1
18 x 7
Rusak Ringan
8. PTD
-
-
-
Rusak Ringan
6. Lab. Bahasa
-
-
-
2. Lab. IPA
1
7 x 15
Rusak Berat
7. Lab. Komp.
-
-
-
3. Ketrampilan
1
4. Multimedia
-


9. Serbaguna/aula
-
-
-
5. Kesenian
-


10. ……………





12. Data Tenaga Pendidik dan Kependidikan
No.
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Jumlah
 Keterangan
1.
Guru
15 org

2.
Tenaga Administrasi
3 org

3.
Pembantu Pelaksana
2













D. Struktur Organisasi SMP Negeri 3 Slahung

KEPALA SEKOLAH

KOMITE SEKOLAH
TATA USAHA

WAKASEK


KAUR KURUKULUM

KAUR KESISWAAN

KAUR PRASARANA

KAUR HUMAS







GURU



MURID



BAB III

P E M B A H A S A N


  1.  Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan Di SMPN 3 Kec.
Slahung

Sebelum diuraikan tentang Topologi Jaringan Komputer yang digunakan SMP Negeri 3 KecamatanSlahung Ponorogo, terlebih dahulu akan di penulis uraikan Pengertian Jaringan Jaringan Komputer danbeberapa istilah dalam Jaringan Komputer. Adapun pengertian Jaringan Komputer adalah sebagaiberikut :

  1.  Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya,menggunakan suatu media dan protokol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data daninformasi.(Deris Setiawan,2003,hal 1). Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebihefisien antar pemakai (mail dan teleconference).
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling menggunakan protokol komunikasimelalui media komunikasi (Dharma Oetomo(1),2003, hal 07) sehingga dapat berbagi data, informasi,program aplikasi dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD Drive maupun harddisk sertamemungkinkan komunikasi secara elektronik. Sedangkan pada Aplikasi home user, memungkinkankomunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih mulTimedia (games,video,dan lain-lain). Klasifikasi Jaringan Komputer :
  • LAN (Lokal Area Network) : Jaringan komputer yang saling terhubung ke suatu komputer serverdengan menggunakan topologi tertentu, biasanya digunakan dalam kawasan satu gedung ataukawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

Gambar 1.2 LAN
Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun jaringan LAN, diantaranya :
  • Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI).
  • Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial).
  • Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star).
  • Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer.
  • Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)

  • MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satukawasan kota yang jaraknya bisa lebih dari 1 km. Pilihan untuk membangun jaringan komputer antarkantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.
Gambar 2.2 MAN

  • WAN (Wide Area Network) : Jaringan komputer yang menghubungkan banyak LAN ke dalamsuatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak ribuan kilometer atauterpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.
Gambar 2.3 WAN
Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer :
  1. Gateway
Pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari lokal network menuju outernetwork. Tujuannya agar client pada lokal network dapat berkomunikasi dengan internet. Routerdapat disetting menjadi gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan lokal dengan jaringanluar.

  1. Proxy Server
Sebuah fasilitas untuk menghubungkan diri ke internet secara bersama-sama. Memenuhipermintaan user untuk layanan internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya sesuai dengankebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari luar.Menangani semua komunikasi internet eksternal. Bertindak sebagai gateway antara mesin internaldan eksternal. Proxy server mengevaluasi dan mengontrol permintaan dari client, jika sesuai policydilewatkan jika tidak di deny atau drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.

  1. Firewall
Sistem keamanan yang menggunakan device atau sistem yang diletakkan di dua jaringandengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan masuk. Berupa seperangkathardware atau software, bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan olehorganisasi. Firewall juga dapat disebut sebagai sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintasjaringan yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.Umumnya firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintugerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya digunakan untukmengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saatini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antardua jaringan yang berbeda. (PC MILD edisi 13/2008)
Gambar 2.4 Skema firewall

  1. Virtual LAN
VLAN berupa suatu software dari device switch yang berfungsi untuk mengelompokanuser berdasarkan fungsional, 1 broadcast domain (1 VLAN) dan antar VLAN dapat terkoneksidengan Router. Teknologi VLAN adalah suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switchdimana antara 1 segmen dengan segmen lain tidak dapat terkoneksi, koneksi dapat dilakukan denganmenggunakan Router. Dalam satu switch akan berbeda network id nya dan berbeda broadcastdomainnya.
  1. Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan SMPN 3 Kec. Slahung
Topolagi jaringan yang digunakan di SMP Negeri 3 Slahung yaitu Kombinasi antara jaringanWireles dan Topologi Star. Mengapa demikian untuk karena ruang Lab Komputer Siswa menggunakanTopologi Star, sedangkan untuk ruang yang lain menggunakan Topologi berbasis wireless. Berikut akandisampaikan beberapa peralatan yang digunakan dalam Jaringan Komputer di SMP Negeri 3 Slahung,sebagai berikut :
  1. Komponen Hardware (Komponen fisik network)
Yaitu : PC, Network Interface Card (NIC), yang meliputi kabel, konektor, printer, server, perangkatnetwork (repeater, hub, switch, router, access point, antena).
Network Interface Card a.k.a LAN Card, LAN Adapter, Kartu Jaringan Kartu jaringan digunakanuntuk menghubungkan PC ke media jaringan sehingga PC tersebut dapat digunakan untuk mengaksessumber daya jaringan tersebut. Perangkat Keras yang digunakan dalam Jaringan Komputer adalahsebagai berikut :
  • Wired Network Adapters
  

  • Wireless Network Adapters
  • PCI
  
  • USB
  

  • ANTENA
Indoor
 
Outdoor
 
  • Kabel
  • Jaringan Ethernet Bus menggunakan kabel coaxial, yaitu RG-58 atau thin-net dan RG-8 atau thick-net.
  • Kabel jaringan yang paling banyak dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP). Untukpemakaian luar gedung digunakan Shielded Twisted Pair (STP).
  • Untuk kinerja jaringan yang lebih optimal dengan bandwith yang lebih besar dapat digunakan kabelfiber optik, misalnya pada FDDI (Fiber Distributed Data Interfaces)
  


  • HUB
  • HUB adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari dua komputer. HUBbekerja dengan metode broadcast, sehingga sebuah sinyal yang masuk ke dalam HUB akan keluarmelalui seluruh port yang terdapat pada HUB tersebut.
  • Semua perangkat berada dalam satu collision domain
Contoh :

  • SWITCH
  • SWITCH adalah istilah dagang/pasar untuk perangkat network yang disebut BRIDGE.
  • Beda dengan HUB, Switch tidak akan membroadcast frame ke port lain yang dimiliki oleh SWITCH tersebut.
  • Setiap port pada switch merupakan collision domain tersendiri.
  • SWITCH bekerja dengan mengacu pada tabel MAC Address (alamat fisik kartu jaringan), jadi sebuah sinyal yang berasal dari sebuah port hanya akan dikeluarkan ke port yang sesuai, yakni port yang disana terkoneksi komputer yang dituju (dibedakan berdasarkan MAC Address).
  • ROUTER :
  • Router adalah perangkat yang dapat menggabungkan dua atau lebih network menjadi sebuah internetwork.
  • Jadi, Router adalah perangkat yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah internetwork.
  • Dengan menggunakan Router, sebuah jaringan yang besar (jaringan dengan jumlah host yang sangatbanyak) dapat dipecah menjadi dua atau lebih jaringan.
  • Dengan memecah jaringan besar menjadi dua atau lebih jaringan yang lebih kecil, lalu lintas data dapat diatur dengan lebih baik sehingga kinerja jaringan meningkat.
  • Topologi Star
  • Pada topologi Star, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah perangkat jaringan (hub, switch, router) yang menjadi pusat dari topologi sehingga membentuk sebuah segmen jaringan.
  • Jika dua atau lebih topologi Star dihubungkan sehingga membentuk Star baru, topologi yang terbentuk disebut topologi Extended Star.
  • Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP (10/100/1000Base-T).
 
  1. Komponen Software (Komponen logik dari network)
  • Driver interface
Driver interface menjembatani kartu jaringan dengan perangkat lunak
jaringan pada server maupun workstation.
  • Network Operating System (NOS)
NOS berjalan pada server dan bertanggung jawab untuk memproses request, mengatu jaringan danmengendalikan layanan dan device ke
semua workstation.
    • Ex. Sistem operasi jaringan, driver untuk NIC, protokol komunikasi, aplikasi (web server/browser, ftp server/client).

  1. Komponen Brainware (Pengguna network)
    • Ex. Network administrator, network technician, network user.

  1. Manfaat Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran TIK
Jaringan Komputer atau sering disebut juga dengan internet sangat bermanfaat dalam Pembelajaran. DiSMP Negeri 3 Kecamatan Slahung sesuai kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSPTahun 2006) selain digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atauInternet juga diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran. Jaringan Komputer atau internet di SMPNegeri 3 Kecamatan Slahung diajarkan di kelas 9 baik semester 1 maupun semester 2.
Sebab itulah Jaringan Komputer atau Internet sangatlah bermanfaat dalam pelaksanaan Pembelajaran diSMP Khususnya di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung baik Mata Pelajaran Teknologi Informasi danKomunikasi maupun Pelajaran yang lain.
Manfaat Jaringan Komputer atau Internet dalam Pembelajaran TIK di sini bisa berfungsi sebagai obyekatau sumber TIK dan sebagai alat bantu, media maupun sarana Pembelajaran di SMP Negeri 3Slahung.
Salah satu azas dikdaktik menyatakan bahwa semakin banya mendia pengajaran atau alat peraga dimanfaatkaan secara teat dalam proses belajar semakin besar daya serap siswa terhadap materi yang di pelajarai (DEPDIKBUD, 1995: 41)
Disamping itu pengunaan mediapengajaran dapat mempertinggi kulaitas proses belajar mengqajaqr yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Nana Sudjana : V).
Berdasarkan uraian di atas pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu mediapengajaran, sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pengajaranterutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Manfaatnya di sini dengan adanyaJaringan Komputer atau Internet mampu mempermudah siswa dalam memperoleh sumber belajar,sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.










BAB IV

P E N U T U P

  1. Simpulan
Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu samalainnya, menggunakan suatu media dan protokol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagidata dan informasi.(Deris Setiawan, 2003,hal 1).
Adapun Perangkat Jaringan Komputer yang digunakan di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahungadalah Jaringan Komputer berbasis wireless.
Jaringan Komputer atau sering disebut juga dengan internet sangat bermanfaat dalam Pembelajaran. Di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung sesuai kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSP Tahun 2006) selain digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atau Internet juga diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran. Jaringan Komputer atau internet di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung diajarkan di kelas 9 baik semester 1 maupun semester 2.
Berdasarkan uraian di atas pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu media pengajaran, sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pengajaran terutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Manfaatnya di sini dengan adanya Jaringan Komputer atau Internet mampu mempermudah siswa dalam memperoleh sumber belajar, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
  1. Saran
Mengiingat betapa banyaknya manfaat Jaringan Komputer yang merupakan bagian dari mata Pelajaran TIK, maka sudah seharusnya TIK yang di dalamnya ada Jaringaan Komputer atau Internet tetap di masukan dalam salah satu Pelajaran di Sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.


















DAFTAR PUSTAKA

  • Herlambang, Moch. Linto, Catur L, Azis. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa DepanMenggunakan MikroTik Router OS™ .ANDI Publisher : Yogyakarta
  • Tanenbaum, Andrew S . 1996 . Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1.Prehallindo : Jakarta
  • Saputro, Daniel T, Kustanto. 2008. Membangun Server Internet dengan MikroTik OS. Gava Media:Yogyakarta
  • Imam Riadi ( 2011 ) Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi BerbasisMikroTik
  • Dwi Febrian Handriyanto ( 2009 ) Kajian Penggunaan MikroTik Router OS™ Sebagai Router Pada Jaringan Komputer
  • Nila Feby Puspitasari ( 2007 ) Implementasi MikroTik Sebagai Solusi Router Murah Dan Mudah
  • Arifin, Zaenal, 2003. “Langkah mudah mengkonfigurasi Router Cisco”, Andi OFFSET, Yogyakarta
  • Purbo, W.Onno dan Tony Wiharjito, 2000 ,“Buku Pintar Internet Keamanan Jaringan Internet”, PT ElexMedia Komputindo, Jakarta
  • Afiudin, Rahmat, 2006, “Membangun Firewall dan Traffic filtering berbasis CISCO,”, Andi OFFSET,Yogyakarta
  • DEPDIKBUD. 1995. Petunjuk Kurikulum Sekolah Menengah Umum, GBPP. Jakarta DEPDIKBUD
  • Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

1 komentar: